section heading hidden

Topik Bahasan : Belajar PHP

Cara Membuat Koneksi PHP Dengan MySQL

Cara Membuat Koneksi PHP Dengan MySQL

Artikel ini memuat tutorial tentang cara membuat koneksi php dengan mysql. PHP merupakan bahasa pemrograman untuk pembuatan web dinamis dan mysql merupakan aplikasi database yang dapat digunakan untuk menyimpan data di dalamnya. Selain php dan mysql, diperlukan juga aplikasi lainnya yaitu aplikasi web server. Aplikasi web server yang gratis untuk digunakan dan sangat bagus diantaranya adalah apache web server dan nginx web server. Web server apache atau nginx digunakan untuk menjalankan aplikasi php di aplikasi web browser. Dengan kombinasi aplikasi apache atau nginx, php dan mysql, anda dapat dengan mudah melakukan manipulasi atau mengolah data di mysql seperti menambah data ke dalam database mysql, merubah data, menampilkan data, menghapus data, atau berbagai jenis tindakan manipulasi lainnya yang dapat dilakukan oleh php. Manipulasi database ini dapat dilakukan melalui aplikasi browser karena data yang tersimpan di dalam database dapat ditampilkan di browser.

Aplikasi php yang sekarang ini banyak digunakan baik oleh perorangan dan perusahaan contohnya adalah wordpress, joomla, phpmyadmin, drupal, facebook, tumblr, wikipedia, yahoo, slack, canva, etsy, shopify, symfony, codeigniter, laravel, cakephp, phalcon dan masih banyak lainnya.

Agar php dapat melakukan berbagai manipulasi atau mengolah data yang tersimpan di database mysql, anda harus menghubungkan php dengan mysql. Berikut ini cara menghubungkan atau koneksi bahasa pemrograman php dengan aplikasi database mysql.

  1. Komputer anda telah terinstall apache server, php dan mysql. Untuk tutorial ini saya menggunakan aplikasi XAMPP. Jika komputer anda belum terinstall XAMPP, baca tutorial tentang cara menginstall xampp di komputer windows.
  2. Buka aplikasi text editor. Anda bisa menggunakan aplikasi text editor gratis seperti aplikasi atom.io, visual studio code dan netbeans.
  3. Buatlah file dengan nama konek.php. Masukkan script php berikut ke dalamnya.
<?php
$servername = "localhost";
$username = "root";
$password = "root";

// Create connection
$conn = mysqli_connect($servername, $username, $password);

// Check connection
if (!$conn) {
  die("Connection failed: " . mysqli_connect_error());
}
echo "Connected successfully";
?> 
  1. Penjelasan singkat script koneksi php dengan mysql.
  • if (!$conn) : cek koneksi apakah berhasil atau tidak. Jika berhasil terkoneksi, akan muncul tulisan "Connected successfully".
  • Variabel servername : secara default diisi localhost.
  • Variabel username : username mysql. Root adalah username bawaan mysql untuk localhost komputer. Anda juga bisa menggunakan username selain root.
  • Variabel password : password daripada username mysql. Password untuk username root untuk aplikasi mysql biasanya adalah root. Sedangkan password username root untuk aplikasi mysql di aplikasi XAMPP adalah kosong atau tidak memiliki password. Untuk itu, bagi pengguna aplikasi XAMPP, konfigurasi untuk koneksi php ke mysql adalah sebagai berikut di bawah ini.
<?php
$servername = "localhost";
$username = "root";
$password = "";

// Create connection
$conn = mysqli_connect($servername, $username, $password);

// Check connection
if (!$conn) {
  die("Connection failed: " . mysqli_connect_error());
}
echo "Connected successfully";
?> 
  1. Buka aplikasi cmd. Ketik baris perintah di bawah ini kemudian tekan enter.
php konek.php
  1. Jika di layar cmd anda muncul tulisan berikut di bawah ini, itu artinya php dapat terkoneksi dengan mysql.
Connected successfully
  1. Anda juga bisa mengecek apakah koneksi php dengan mysql berhasil lewat aplikasi browser. Jika anda menggunakan XAMPP, buat folder baru di dalam folder htdocs dengan nama php. File konek.php anda letakkan di dalam folder php. Setelah itu buka aplikasi browser dan ketik http://localhost/php/koneksi.php kemudian tekan enter. Jika koneksi berhasil akan muncul tulisan "Connected successfully" di browser tersebut.

Demikian tutorial singkat tentang cara membuat koneksi php dengan mysql. Sekarang anda bisa melakukan manipulasi database mysql menggunakan php.

Author: Ahmad

Saya seorang blogger yang belajar programming.

Komentar